Perubahan Paradigama Mata Pelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013
Pengembangan kurikulum menjadi amat penting sejalan dengan kontinuitas kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya serta perubahan masyarakat pada tataran lokal, nasional, regional, dan global di masa depan. Aneka kemajuan dan perubahan itu melahirkan tantangan internal dan eksternal di bidang pendidikan.
Implementasi kurikulum 2013 merupakan jawaban dari pemerintah dalam menghadapi tantangan-tantangan masa kini dan masa depan dalam bidang pendidikan, yang tentu saja ada hal-hal yang perlu dirubah atau disesuaikan. Beberapa perubahan tersebut diantaranya adalah pendalaman, perluasan materi, serta penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan.
Dalam kurikulum 2013, Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat kita temui pada penempatan materi serta beban materi yang harus ditempuh siswa di setiap jenjangnya. Selain perubahan-perubahan tersebut, terdapat pula perubahan pandangan atau paradigma mata pelajaran Matematika beberapa diantaranya sebagai berikut.
No
|
Kurikulum Lama
|
Kurikulum Baru
|
1
|
Langsung masuk ke
materi abstrak
|
Mulai dari pengamatan
permasalahan konkret, kemudian ke semi konkret, dan akhirnya abstraksi
permasalahan
|
2
|
Banyak rumus yang harus dihafal
untuk menyelesaikan permasalahan (hanya bisa menggunakan)
|
Rumus diturunkan oleh siswa dan
permasalahan yang diajukan harus dapat dikerjakan siswa hanya dengan
rumus-rumus dan pengertian dasar (tidak hanya bisa mnggunakan tetapi juga
memahami asal-usulnya)
|
3
|
Permasalahan matematika selalu
diasosiasikan dengan [direduksi menjadi] angka
|
Perimbangan antara matematika
dengan angka dan tanpa angka [gambar, grafik, pola, dsb]
|
4
|
Tidak membiasakan
siswa untuk berfikir kritis [hanya mekanistis]
|
Dirancang supaya siswa harus berfikir kritis untuk
menyelesaikan permasalahan yang diajukan
|
5
|
Metode penyelesaian masalah yang tidak
terstruktur
|
Membiasakan siswa berfikir algoritmis
|
6
|
Data dan statistik dikenalkan di kelas IX saja
|
Memperluas materi mencakup peluang, pengolahan
data, dan statistik sejak kelas VII serta materi lain sesuai dengan standar
internasional
|
7
|
Matematika adalah eksak
|
Mengenalkan konsep pendekatan dan perkiraan
|
Semoga bermanfaat :)
Post a Comment for "Perubahan Paradigama Mata Pelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013"
Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan