Contoh RPP Kurikulum 2013 Matematika SMA/SMK
Beberapa waktu lalu saya sempat mencoba membuat RPP kurikulum 2013 untuk mata pelajaran matematika tingkat SMA/SMK. Mungkin masih banyak kekurangannya, karena saya juga masih bingung dalam penyusunan RPP kurikulum 2013. Jadi besar harapan para pembaca mau berkenan untuk memberi ide atau saran ataupun kritikan dalam RPP ini dengan berkomentar pada artikel ini. Nah di bawah ini adalah RPPnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA/SMK MADEMATHIKA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua
Variabel, dan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabe
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
Indikator:
Memiliki sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dalam pembelajaran
2.2. Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
Indikator:1. Memiliki prilaku tangguh mengadapi masalah,
2. Memiliki sikap disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
Indikator:
Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dalam pembelajaran
3.1. Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua dan tiga variable serta pertidaksamaan linier dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika.
Indikator:1. Mengidentifikasi sistem persamaan linier dua variabel
2. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variable
3. Menentukan model matematika dan penyelesaian suatu sistem persamaan dua dari situasi nyata.
4.1. Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
Indikator:1. Membuat contoh masalah kontekstual yang bekaitan dengan SPLDV
2. Menyajikan masalah kontekstual yang bekaitan dengan SPLDV
3. Menjelaskan makna tiap besaran dari contoh masalah kontekstual yang bekaitan dengan SPLDV
4.2. Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
Indikator:1. Membuat model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata dan matematika
2. Menganalisis model sekaligus matematika berupa SPLDV dari situasi nyata dan matematika
3. Menentukan jawaban dari model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata dan matematika
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi sistem persamaan linier dua variabel
2. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variable
3. Menentukan model matematika dan penyelesaian suatu sistem persamaan dua variabel dari situasi nyata
4. Membuat contoh masalah kontekstual yang bekaitan dengan SPLDV
5. Menyajikan masalah kontekstual yang bekaitan dengan SPLDV
6. Menjelaskan makna tiap besaran dari contoh masalah kontekstual yang bekaitan dengan SPLDVMembuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika
7. Menganalisis model sekaligus matematika berupa SPLDV situasi nyata dan matematika
8. Menentukan jawaban dari model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata dan matematika
9. Memiliki sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dalam pembelajaran
10. Memiliki prilaku tangguh mengadapi masalah,
11. Memiliki sikap disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
12. Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dalam pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
2. Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
3. Penyelesaian Sistem Persamaaan Linier
4. Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan Ilmiah (scientific)
Model : Pembelajaran yang berbasis masalah (problem-based learning)
Metode : Ceramah, diskusi kelompok, anya jawab, penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a) Media : Laptop, LCD.
b) Alat/Bahan : -
c) SumberBelajar : Buku Matematika Kelas X, buku referensi dan artikel yang sesuai.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-9 (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
Inti
|
|
60 menit
|
Penutup
|
|
5 menit
|
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Penyelesaian tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
3. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Untuk instrumennya tidak saya tampilkan tetapi RPP lengkap (disertai instrumenya) bisa didapatkan [di sini]
Semoga bermanfaat :)
komentar
ReplyDeleteblognya mantep gan sangat membantu
ReplyDelete