Contoh RPP Kurikulum 2013 Matematika SMP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP MADEMATHIKA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII/1
Materi
Pokok : Perbandingan
dan Skala
AlokasiWaktu :
2 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.2.
Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada
daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.4. Memahami
konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan
hubungan dua besaran atau lebih
Indikator:
1.
Menyebutkan jenis-jenis perbandingan
2.
Menjelaskan konsep perbandingan senilai,
berbalik nilai dan skala
3.
Menerapkan berbagai
strategi efektif dalam menyelesaikan masalah Perbandingan dan Skala
4.4. Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel
dan grafik
Indikator:
1. Membuat
contoh masalah nyata yang bekaitan dengan Perbandingan
dan Skala
2. Menyelesaikan
persmasalahan nyata dengan
konsep Perbandingan dan Skala
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
jenis-jenis perbandingan
2. Menjelaskan
konsep perbandingan senilai,
3. Menjelaskan
konsep berbalik nilai
4. Menjelaskan
konsep skala
5. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menyelesaikan
masalah perbandingan
6. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menyelesaikan
masalah skala
7. Mencari
contoh masalah nyata yang bekaitan dengan Perbandingan
dan Skala
8. Menyelesaikan
persmasalahan nyata dengan
konsep Perbandingan dan Skala
D. MateriPembelajaran
1.
Konsep Perbandingan
2.
Jenis-jenis Perbandingan
a. Perbandingan
Senilai
b. Perbandingan
Berbalik Nilai
3.
Skala sebagai Perbandingan
a.
Konsep Skala
b.
Operasi Hitung Menggunakan Perbandingan dan
Skala
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
Ilmiah (scientific)
Model : Pembelajaran
yang berbasis masalah (problem-based
learning)
Metode : Ceramah,
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a) Media :
Laptop, LCD.
b) Alat/Bahan :
-
c) SumberBelajar : Buku Matematika Kelas X, buku referensi dan artikel yang
sesuai.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
Inti
|
|
60 menit
|
Penutup
|
|
5 menit
|
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Jenis/ Teknik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
1.
|
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
|
Observasi
Observasi
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
3.
|
Keterampilan
|
Tes praktik
|
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
a. Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Penilaian
Sikap Spiritual
Aspek yang dinilai
1)
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2)
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3)
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4)
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5)
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
…
|
Rubrik:
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Penilaian Sikap Sosial
Aspek yang dinilai
1)
Percaya diri
a)
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
b)
Tidak mudah
putus asa
c)
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
2)
Tanggung Jawab
a)
Melaksanakan tugas individu dengan baik
b)
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
1.a
|
1.b
|
1.c
|
2.a
|
2.b
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
…
|
Rubrik:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
b. Penilaian Pengetahuan
1)
Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Instrument/soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1. Menyebutkan
jenis-jenis perbandingan
|
1.
Sebutkan jenis-jenis perbandingan yang kalian
ketahui!
|
a.
Perbandingan Senilai
b.
Perbandingan Berbalik nilai
c.
Skala
|
5
|
2. Menjelaskan
konsep perbandingan senilai, berbalik nilai dan skala
|
2.
Buatlah sebuah contoh mengenai perbandingan senilai!
|
5
|
|
3. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menyelesaikan
masalah Perbandingan dan Skala.
|
3.
Perbaikan jalan akan selesai dikerjakan
dalam waktu 3 bulan (1bulan = 30 hari) hari, jika dikerjakan oleh 15 orang
tenaga. Setiap hari minggu (1 bulan ada 5 hari minggu) buruh libur bekerja.
Berapa orang buruh harus ditambah agar jalan tersebut tetap selesai tepat
waktu?
4.
Skala sebuah peta 1 : 1.500.000. Jarak
kota A dan B pada peta itu 6 cm. Jarak sebenarnya kota A dan
B = … km
|
3.
3 orang
4.
90 km
|
5
5
|
2) Rubrik
Penilaian dan Penskoran
No.
|
Kategori
|
Skor(Si)
|
1
|
Tidak memberikan jawaban sama sekali
|
0
|
2
|
Memberikan
jawaban yang salah
|
1
|
3
|
Memberikan jawaban benar dan banyak cacat
|
2
|
4
|
Memberikan jawaban benar sedikit cacat
|
3
|
5
|
Memberikan
jawaban hamper sempurna
|
4
|
6
|
Memberikan
jawaban benar sempurna
|
5
|
Skor tiap butir
soal (Xi) =
|
(20*Si)
|
c. Penilaian Keterampilan
Indikator:
1) Membuat
contoh masalah nyata yang bekaitan dengan Perbandingan
dan Skala
2)
Menyelesaikan persmasalahan nyata dengan konsep Perbandingan dan
Skala
Instrumen:
Aspek
yang dinilai
1)
Menunjukkan
kesesuaian contoh dengan konsep perbandingan dan skala
2)
Menerapkan konsep perbandingan dan skala
3)
Menggunakan
strategi yang sesuai dalam menyelesaikan soal
4)
Mengemas penyajian secara runtut dan menarik.
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek Yang Dinilai
|
Total Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
..
|
Keterangan Nilai
Sangat baik = 4
Baik = 3
Cukup = 2
Kurang =
1
Mengetahui,
Kepala SMP Mademathika
(Mademathika)
|
..........., .....
Juni 2014
Guru Mata Pelajaran
(Mademathika)
|
makasih yaa... gorokun | Tablet | Cerita | unsil | muhammadiyah | ceritalucu
ReplyDelete