Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Netto

Jika, anda sedang berbelanja di suatu tempat anda mungkin pernah melihat tulisan “Diskon”. Atau jika anda pernah memperhatikan bungkus makanan anda mungkin pernah melihat tulisan “Bruto” atau “Netto”. Istilah-istilah tersebutlah yang akan kita pelajari sekarang. 

Istilah diskon (rabat), bruto, tara, maupun netto ini merupakan beberapa hal yang dipelajari dalam Aritmatika Sosial. Aritmatika Sosial adalah bidang atau cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang matematika pada kehidupan sosial. Nah sekarang langsung saja kita bahas mengenai istilah-istilah tersebut.

1. Rabat (Diskon)

Rabat artinya potongan harga atau lebih dikenal dengan istilah diskon. Pernahkah anda pergi ke swalayan menjelang hari raya atau tahun baru? Biasanya menjelang hari raya atau tahun baru, toko-toko, supermarket atau swalayan memberikan potongan harga untuk menarik para pembeli yang akan berbelanja. Potongan harga inilah yang disebut rabat (diskon). Biasanya diskon (rabat) ini diperhitungkan dengan persen. Dalam pemakaiannya, terdapat perbedaan istilah antara rabat
dan diskon. Istilah rabat digunakan oleh produsen kepada grosir, agen, atau pengecer, sedangkan istilah diskon digunakan oleh grosir, agen, atau pengecer kepada konsumen. Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.

Harga bersih = harga kotor – rabat (diskon)

Dalam hal ini yang dimaksud harga kotor adalah harga barang sebelum dipotong rabat
(diskon). Sedangkan, harga bersih adalah harga barang sesudah dipotong rabat
(diskon).

2. Bruto, Tara, dan Netto

Coba perhatikan pada saat anda membeli makanan kecil atau saat ibu membeli gula pasir. Berat barang yang anda beli merupakan berat kotor, artinya berat makanan kecil ditambah berat
kemasannya. Berat kemasan barang seperti plastik, karung, kertas disebut tara. Berat barang beserta kemasannya disebut berat kotor atau bruto, sedangkan berat barangnya saja disebut berat bersih atau netto. Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut.

Bruto = netto + tara
Netto = bruto – tara
Tara = bruto – netto

Jika diketahui persen tara dan bruto, anda dapat mencari tara dengan rumus berikut.
Tara = persen tara xbruto
Untuk menentukan harga bersih setelah memperoleh potongan berat (tara) dapat dirumuskan sebagai berikut.

Harga bersih = netto x (harga/satuan berat)

Semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Netto"