Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ujian Nasional 2015 dengan Berbasis Komputer Dimulai Lebih Awal

Pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2015 berbasis komputer (computer based-test/CBT) untuk tingkat SMA/SMK/MA dimulai lebih awal dibandingkan jadwal pada penyelenggaraan ujian berbasis kertas (paper based-test/PBT). Yang di mulai pada tanggal 7 April 2015.

Ujian nasional dengan CBT SMA/sederajat dengan CBT dilaksanakan selama enam hari, walaupun dimulai lebih awal, tetapi berakhir pada hari yang sama dengan ujian berbasis kertas. Hal ini, karena dalam satu hari hanya diujikan satu mata pelajaran pada ujian CBT dan terbagi dalam tiga sesi.

Terkait dengan, uji coba atau try out ujian nasional menggunakan CBT akan dilaksanakan pada bulan Maret. Hal ini, bertujuan selain sebagai latihan siswa dalam menghadapi soal-soal ujian juga bertujuan agar siswa terbiasa menggunakan CBT

Metode yang akan digunakan saat CBT nanti adalah semi-online. Artinya, ujian dilayani dengan server lokal, tetapi soalnya disinkronisasi dengan server pusat beberapa hari sebelum jadwal UN dimulai. Metode ini dinilai lebih aman karena tidak terhubung langsung dengan jaringan, sehingga mencegah peretas masuk dan meminimalisasi terjadinya gangguan jaringan. Pihaknya juga menggunakan costum browser yang mengunci aplikasi atau jendela browser lainnya, sehingga peserta UN hanya akan dihadapkan pada soal ujian di layar komputer.

Ujian nasional dengan menggunakan CBT akan dilaksanakan pada sekolah-sekolah yang memang memenuhi syarat melaksanakan UN dengan CBT (Baca : UN Berbasis Komputer Terbatas Untuk Sekolah Piloting). Sementara sekolah yang belum siap, tidak dipaksa menerapkan CBT pada UN tahun ini.

Semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Ujian Nasional 2015 dengan Berbasis Komputer Dimulai Lebih Awal"