Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Backup WA di Google Drive dan Cara Mengembalikan Chatnya

Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan yang saat ini hampir digunakan oleh semua pemilik perangkat ponsel pintar. Dengan aplikasi pesan instan yang memiliki banyak fitur menarik ini, komunikasi Anda pun akan semakin mudah. Whatsapp bahkan juga memberikan fitur dimana pengguna tidak perlu khawatir jika history atau riwayat percakapannya menghilang meskipun aplikasinya harus diuninstal atau pengguna harus mengganti perangkat ponsel pintarnya.
Cara Backup WA di Google Drive dan Cara Mengembalikan Chatnya

Langkah Pencadangan Data di Google Drive

Diantara banyaknya aplikasi pesan instan, Whatsapp adalah salah satu yang cukup populer digunakan. Ini karena whatsapp tidak hanya menawarkan kemudahan berkomunikasi secara teks saja. Pengguna bahkan juga bisa melakukan panggilan suara (voicecall) dan panggilan video (video call) dengan lebih mudah menggunakan aplikasi ini. Belum lagi adanya fitur emoji dan sticker yang membuat kegiatan bertukar informasi dari whatsapp menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Kemudahan yang diberikan whatsapp kepada penggunanya tidak berhenti sampai disini saja. Anda sebagai sesama pengguna whatsapp tidak hanya bisa saling berkirim pesan teks, namun file berbagai format. Anda bisa mengirim ataupun menerima dokumen, gambar, suara hingga video dengan menggunakan whatsapp ini.

Dengan fitur yang sangat beragam ini, tak heran jika whatsapp menjadi aplikasi pesan instan paling disukai. Masalah mungkin terjadi saat Anda akan berganti perangkat ponsel pintar atau Anda terpaksa harus menguninstal aplikasi whatsapp Anda. Apakah riwayat percakapan akan hilang? Jawabannya tidak karena whatsapp juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda melakukan pencadangan data (backup) pesan whatsapp Anda. Metodenya pun beragam, mulai dari backup di memori penyimpanan internal hingga penyimpanan pihak ketiga. Anda pun bisa memilih jangka waktu periode pencadangan data, apakah harian, mingguan atau bulanan.

Salah satu metode pencadangan data (backup) yang disediakan oleh whatsapp adalah melalui layanan pihak ketiga Google Drive. Metode pencadangan ini sangat menguntungkan, karena meskipun Anda bergantung ponsel atau aplikasi whatsapp diuninstal, selama Anda masih menggunakan nomor yang sama untuk mendaftar whatsapp yang juga sekaligus digunakan pada akun Google Drive, maka riwayat percakapan Anda akan tetap tersimpan dengan aman. Lalu bagaimana cara backup chat dari whatsapp ke Google Drive? Berikut caranya.

1. Buka Aplikasi Whatsapp > Pilih Menu Opsi 

Untuk melakukan pencadangan data (backup) whatsapp ke Google Drive, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi whatsappnya terlebih dahulu. Setelah itu, pilih menu Opsi yang bisa Anda akses dengan mengetuk tanda titik 3 di bagian kanan atas tampilan whatsapp. Disini Anda akan melihat beberapa pilihan menu.

2. Pilih Menu 'Settings' > 'Chats' 

Dari pilihan menu opsi tersebut, pilih opsi 'Settings' yang berada di daftar paling bawah pilihan menu. Dari menu Pengaturan atau 'Settings' ini Anda akan melihat beberapa pilihan pengaturan. Untuk mengatur atau melakukan pengaturan pencadangan data chats, ketuk atau pilih pada opsienu 'Chats'. Dari sub menu ini akan ditampilkan beberapa pilihan lain. Ketuk pada opsi menu 'Chat Backup'.

3. Atur Pencadangan Data (Backup) 

Setelah memilih menu 'Chat Backup' di dalam menu ini Anda akan melihat berbagai pengaturan pencadangan yang disediakan oleh Whatsaap. Nah, disini Anda bisa mulai mengatur pencadangan chat Anda di Google Drive.

Pertama, pada opsi 'Backup to Google Drive' Anda bisa memilih periode pencadangan data yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin pencadangan data atau backup dilakukan secara harian (daily), mingguan (weekly) atau bulanan (monthly) atau hanya lakukan pencadangan saat Anda mengetuk menu backup saja. Pilih salah satu. Jangan pilih pada opsi 'Never' karena artinya Anda tidak ingin melakukan pencadangan data.

Beralih ke menu selanjutnya, di bagian bawah opsi tersebut akan ada menu 'Google Account'. Pada opsi menu ini Anda harus memasukkan akun Google dimana Anda akan menyimpan backup data dari whatsapp tersebut. Pastikan juga akun google yang Anda gunakan juga terkoneksi dengan nomor yang Anda gunakan untuk whatsapp agar lebih memudahkan. Tunggu sampai username Google Anda sudah muncul.

Terakhir pada opsi 'Back up over' Anda bisa memilih bagaimana proses backup bisa dilakukan. Apakah Anda memilih hanya akan melakukan backup saat tersambung dengan koneksi wifi atau bisa melalui jaringan wifi maupun data seluler. Anda bisa memilih salah satunya.

4. Tekan Tombol 'Back up' 

Terakhir tinggal lakukan pencadangan data dengan tap pada tombol 'Back Up' berwarna hijau di bagian paling atas halaman menu ini. Lama proses backup ini tergantung jumlah data yang dicadangkan. Semakin besar, maka sudah pasti semakin lama. Setelah proses backup manual ini, proses back up selanjutnya akan berjalan otomatis sesuai interval periode backup yang Anda pilih sebelumnya.

Langkah Restore Chat Whatsapp 

Jika data riwayat pesan di Whatsapp sudah dicadangkan, sekarang Anda bisa memulihkan lagi data riwayat pesan whatsapp tersebut jika dibutuhkan. Misalnya ketika Anda berganti perangkat ponsel. Lalu bagaimana cara mengembalikan atau memulihkan chat tersebut? Berikut langkah-langkahnya.

1. Pastikan Sudah Install Aplikasi Whatsapp 

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulihkan riwayat atau data percakapan whatsapp adalah install dulu aplikasi whatsapp. Selain itu, pastikan juga Anda sudah login di akun Google Anda sesuai akun Google yang Anda gunakan untuk mencadangkan data whatsapp.

2. Registrasikan Akun Whatsapp 

Jika sudah, buka aplikasi whatsapp Anda. Ketika membuka pertama kali, Anda akan diminta untuk mendaftar akun whatsapp dengan menggunakan nomor yang sama dengan sebelumnya. Artinya, Anda hanya memindahkan aplikasi ke perangkat baru saja. Anda tidak mengganti nomor baru untuk akun whatsapp baru ini. Ikuti setiap langkah-langkah yang diberikan. Tunggu sampai Anda mendapat nomor kode verifikasi melalui sms ke nomor yang Anda daftarkan. Masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang disediakan.

3. Ketuk pada Opsi 'Restore' 

Setelah proses verifikasi selesai dan Anda sudah masuk ke akun whatsapp, Anda akan diminta untuk melakukan restore. Ketuk pada tombol 'Restore' yang disediakan. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke tampilan berikutnya. Ketuk pada tombol 'Next' berwarna hijau. Maka proses pemulihan data chat whatsapp Anda akan dimulai. Tunggu sampai proses mengunduh dan memulihkan data selesai. Lamanya proses ini bergantung pada besarnya ukuran data backup whatsapp dan kecepatan koneksi internet Anda. Apabila koneksi internet Anda stabil, proses download ini bisa berlangsung cepat.

Fitur backup dan restore data whatsapp ini adalah fitur yang sangat menguntungkan bagi para pengguna WhatsApp. Dengan fitur ini, para pengguna whatsapp tidak perlu khawatir history atau riwayat chat whatsappnya menghilang karena harus uninstall aplikasi whatsapp atau harus berganti perangkat. Anda bisa tetap mendapatkan riwayat percakapan dari akun whatsapp Anda meskipun sudah berganti perangkat. Asalkan, Anda sebelumnya sudah melakukan pencadangan data, kemudian saat sudah menginstal aplikasi whatsapp yang baru Anda mengikuti proses restore sesuai tahapan yang dijelaskan di atas.

Post a Comment for "Cara Backup WA di Google Drive dan Cara Mengembalikan Chatnya"