Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Terintegrasi dengan Potral Rumah Belajar

Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Pada artikel kali ini saya akan berbagi RPP yang terintegrasi dengan Portal Rumah Belajar. RPP ini disusun sesuai keadaan saat ini yaitu Pandemi Covid 19 dimana mayoritas sekolah masih melakukan belajar jarak jauh maupun hybrid learning. RPP yang terintegrasi Portal Rumah Belajar maksudnya adalah dimana dalam kegiatan pembelajaran nantinya akan menggunakan fitur-fitur rumah belajar. Fitur-fitur yang tersedia pada portal rumah belajar sendiri diantaranya Sumber Belajar; Buku Sekolah Elektronik (BSE); Bank Soal; Laboratorium Maya; Peta Budaya; Wahana Jelajah Angkasa; Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; dan Kelas Maya

Contoh RPP Terintegrasi dengan Potral Rumah Belajar


Sedangkan model pembelajaran yang digunakan di sini adalah model pembelajaran ASIIK. Model pembelajaran ASIIK dikembangkan oleh tim Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP)  dari  Pusat Data  dan  Teknologi  Informasi  serta  Ditjen  PAUD,  Dikdas,  dan  Dikmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terdiri atas Kusnandar, Warisno, Nur Arfah Mega, dan Ai Sri Nurhayati.ASIIK merupakan  akronim  dari  sintaks  model  e-pembelajaran  yang  terdiri  dari  5  (lima) tahapan  yaitu Atensi,  Stimulasi,  Intensi,  Implementasi,  dan  Konfirmasi.    Pada setiap  tahapan model ASSIK merupakan alur proses aktivitas pembelajaran  di  mana  setiap  tahapan  dari  alur  tersebut  memiliki makna  dan  antara langkah satu ke langkah berikutnya memiliki hubungan ritmik yang saling terkait. Makna yang dimaksud pada setiap langkah berisi aktivitas yang memberikan pengalaman belajar tertentu  untuk  peserta  didik,  mendorong  semangat  dan  motivasi  belajar,  membangun afeksi, serta mengandung   kompetensi   tertentu.  Sedangkan   yang   dimaksud   dengan hubungan  ritmik  antar sintaks  adalah  hubungan  yang  saling  membangun  emosi  dalam pembelajaran. 

Berikut adalah RPP yang dimaksud

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Nama Sekolah     : SMP MADEMATIKA
Mata Pelajaran     : MATEMATIKA
Kelas/ Semester   : VII / GENAP
Tahun Pelajaran   : 2021/ 2022
Alokasi Waktu     : 3 JP ( 1 Pertemuan)/ (120 menit)

A. Kompetensi Dasar
3.8 Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
3.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai

B. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan Atensi, Stimulasi, Intensi, Implementasi, dan Konfirmasi peserta didik mampu menjelaskan dan menyelesaikan masalah perbandingan berbalik nilai dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran , bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif ( berpikir kritis) dan proaktif ( Kreatif), serta mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik

C. Materi Pembelajaran
Perbandingan Berbalik Nilai

D. Model Pembelajaran
ASIIK (Atensi, Stimulasi, Intensi, Implementasi, dan Konfirmasi)

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 10 Menit)
a. Guru menyapa siswa, berdoa dan mengecek kehadiran siswa melalui grup whatsapp
b. Guru Menyiapkan materi pembelajaran sesuai dalam bentuk Video atau File PDF maupun

2. Inti (100 menit )
Langkah 1: Atensi (10 menit)
a. Guru memberi motivasi kepada siswa mengenai manfaat mempelajari materi pada pertemuan ini dalam kehidupan sehari-hari melalui pertanyaan sederhana yang dikirim melalui grup Whatsapp
“Jika terdapat 50 orang maka suatu proyek gedung akan selesai dalam 15 hari, apa yang terjadi apabila orangnya kita tambah, apakah proyek makin cepat selesai atau lambat? Dan apabila dikurang apakah proyek tersebut cepat selesai atau semakin lama?”
Langkah 2 : Stimulasi (20 menit)
b. Peserta didik menyimak tayangan video dari TV – Edukasi yang berjudul “Perbandingan Berbalik Nilai - Perbandingan - MANTUL - Matematika - SMP - Seg.3” yang merupakan contoh kasus perbandingan berbalik nilai. Tautannya dibagikan guru melalui grup Whatsapp (http://tve.kemdikbud.go.id/index.php/player?id_vod=58)
Langkah 3 : Intensi (20 menit)
c. Peserta didik melakukan pendalaman terhadap materi yang sudah dikemas dalam tayangan video contoh kasus terkait perbandingan berbalik nilai.
d. Guru memberikan pertanyaan pemandu yang bersifat saintifik (adanya aktivitas mengamati, mengumpulkan informasi melalui berbagai sumber belajar (media), menalar)
e. Peserta didik menjawab pertanyaan pemandu yang berhubungan dengan perbandingan berbalik nilai yang diberikan Guru dalam forum diskusi
f. Guru mengarahkan dan memberikan tanggapan terkait respon siswa yang disampaikan melalui chat di WA grup atau secara pribadi
Langkah 4 : Implementasi (30 menit)
g. Guru memberikan tugas peserta didik mengerjakan tugas yaitu mengenai Perbandingan berbalik nilai melalui google form.
h. Peserta didik berkonsultasi dengan Guru tentang hasil pengerjaan tugas yang dikerjakan.
i. Guru memberikan bimbingan dan pendampingan kepada peserta didik selama mengerjakan tugas
j. Guru memberikan masukan/tanggapan atas pekerjaan peserta didik.
k. Peserta didik disarankan untuk mengoptimalkan interaksi dengan sumber belajar, dengan sesama peserta didik (diskusi) dan dengan Guru.
Langkah 5 : Konfirmasi (20 menit)
l. Peserta didik mempresentasikan hasil pembelajaran tentang perbandingan berbalik nilai
m. Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap hasil kerja peserta didik
n. Guru dan peserta didik memberikan kesimpulan tentang perbandingan berbalik nilai.
o. Peserta didik bersama Guru merefleksikan proses pembelajaran yang sudah dilakukan termasuk menggali nilai dan membangun relasi antara materi dengan konteks kehidupan yang dekat dengan peserta didik

3. Penutup (10 Menit)
a. Guru memberikan arahan kepada peserta didik untuk proses pembelajaran selanjutnya (siklus selanjutnya)
b. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk belajar mandiri dan menghadiri jadwal pertemuan selanjutnya

F. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat: Telepon seluler/Laptop
2. Media : WA Group, Video, Google Form, Materi Pdf/PPT
3. Sumber : Buku Matematika kelas 7 Semester ganjil Kemdikbud RI 2017

G. Penilaian Hasil Belajar
1. Peniaian Sikap : observasi cara berkomunikasi di WhatsApp\Classroom.
2. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis pada Google Form.
3. Penilaian Keterampilan : Tes Praktik, Portofolio, Proyek.

Demikian contoh RPP Terintegrasi dengan Portal Rumah Belajar apabila Bapak/Ibu mempunyai contoh lain atau ada masukkan silahkan berkomentar pada kolom di bawah.

Post a Comment for "Contoh RPP Terintegrasi dengan Potral Rumah Belajar"