Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Linieritas Bidang Studi PPG Dalam Jabatan Secara Online

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru

Cara Cek Linieritas Bidang Studi PPG Dalam Jabatan Secara Online

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai penyelenggara menyelenggarakan PPG yang dibedakan menjadi dua jenis, PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan. Perbedaan dari PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan adalah subjek yang mengikuti ujian atau kuliah PPG itu sendiri. 

PPG Dalam Jabatan diperuntukkan bagi guru dalam jabatan yang sudah mengajar dan punya gelar S1/D4. Serta telah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Status guru yang mengikuti PPG Dalam Jabatan ini bisa berupa PNS atau non PNS. Untuk biaya, mahasiswa PPG Dalam Jabatan akan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan/atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Sementara PPG Prajabatan adalah mahasiswa lulusan S1/D4 baik dari jurusan kependidikan atau bukan yang belum mulai mengajar.

Untuk PPG Dalam Jabatan 2022, data calo peserta diambil dari hasil pemutakhiran Dapodik tanggal 21 Maret 2022. Calon peserta terdiri atas 2 (dua) kategori yaitu:

a. Guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015.

b. Guru yang diangkat mulai tanggal 1 Januari 2016 sampai dengan 1 Januari 2019.

Calon peserta wajib melakukan pendaftaran melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id menggunakan akun SIMPKB masing-masing.

Sementara untuk cek linieritas Bidang Studi PPG Dalam Jabatan 2022 dapat dilihat pada lampiran  Surat Edaran Direktur Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK) Nomor: 0946/B2/GT.00.03/2022 atau bisa di cek secara online pada laman https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/cek-linieritas

Langkah-langkahnya adalah

1. Mengakses laman https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/cek-linieritas

Cara Cek Linieritas Bidang Studi PPG Dalam Jabatan Secara Online

2. Pilih jenis guru mata pelajaran yang kita ampu

3. Ketikan/Masukkan jurusan S-1/D-IV yang kita miliki

4. Klik "Cek", tunggu beberapa saat maka hasilnya akan muncul.  

Linier yang dimaksudkan di sini adalah kesesuaian antara program studi pada ijazah S-1/D-IV dengan bidang studi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. 

Demikianlah Cara Cek Linieritas Bidang Studi PPG Dalam Jabatan Secara Online semoga bermanfaat


Post a Comment for "Cara Cek Linieritas Bidang Studi PPG Dalam Jabatan Secara Online"