Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar siswa. Didalam pembelajaran berdiferensiasi ada tahapannya, yaitu diferensiasi konten ( apa yang kita ajarkan), diferensiasi proses (mengacu bagaimana murid memaknai tentang materi yang dipelajari), diferensiasi produk (tagihan apa yang diharapkan dari murid setelah selesai pembelajaran).

Contoh RPP Berdiferensiasi

Berikut adalah contoh RPP berdiferensiasi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Pertemuan Kedua)


Satuan Pendidikan     : SMP Madematika
Pelajaran                    : MATEMATIKA
Kelas/Semester          : IX / Genap
Materi Pokok             : Bangun Ruang Sisi Lengkung (BRSL)
Topik                         : Luas Permukaan Tabung
Alokasi Waktu           : 1 pertemuan (3 x 40 menit)


A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning peserta didik diharapkan dapat
1. Membuat generalisasi rumus luas permukaan tabung dengan tepat.
2. Menyelesaikan permasalahan terkait dengan luas permukaan tabung dengan tepat 

B. Sumber Belajar/Media/Alat
1. Sumber :
        a. Buku Siswa Kelas IX Kemdikbud edisi 2018
        b. Buku Mandiri Matematika Untuk SMP Kelas IX
        c. Sumber lain yang relevan
2. Media : Aplikasi WhatsApp, google Meeting, Google Classroom, Blog serta Youtube
3. Alat : Laptop, HP, Jaringan Internet

C. Kegiatan Pembelajaran
 

Langkah-Langkah Deskripsi Kegiatan
Pendahuluan
(10 menit)
1. Guru menginformasikan ke peserta didik melalui whatsapp grup kelas tentang pembelajaran online menggunakan aplikasi google classroom dan google meet.
2. Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mengisi daftar hadir di classroom dengan topik daftar hadir peserta didik.
3. Guru membagikan link google meet dan mengundang peserta didik bergabung di meeting.
4. Dalam meeting, guru mengajak peserta didik berdoa, menyampaikan tujuan pembelajaran, proses pembelajaran online, sistem penilaian, dan pembagian kelompok sesuai dengan gaya belajar peserta didik (pemetaan sudah dilakukan dan dianalisis pada pertemuan sebelumnya dengan menyebarkan kuisioner melalui google form).
Kegiatan Inti
(90 menit)
1. Orientasi peserta
didik pada masalah


• Dalam meeting guru menayangkan masalah sebagai berikut: Anak-anak amati foto berikut ini:

"Seorang pengusaha kemasan makanan mendapat pesanan membuat kemasan makanan “Raja Kentang” sebanyak 1000 kemasan. Harga per meter persegi karton sablon Rp10.000,00, harga per lima buah tutup plastik berbentuk lingkaran Rp4.100,00 dan harga per sepuluh seng Rp6.400,00. Jika kalian adalah “Sang Pemesan”, berapakah uang yang harus kalian sediakan untuk membayar 1000 kemasan “Raja Kentang” tersebut jika diketahui diameter kemasan 7 cm dan tingginya 21 cm?"
• Guru mengajak peserta didik untuk berdiskusi tentang tahapan yang harus dilakukan oleh “Sang Pemesan” dalam kegiatan ini.
• Guru menutup meeting
Masalah tabung
2. Mengorgani sasikan
peserta didik untuk
belajar
• Pada google classroom guru membagikan Lembar Kerja Kelompok bagi peserta didik untuk didiskusikan dengan teman sekelompok melalui grup whatsapp
• Guru memberikan berbagai sumber belajar yang dapat dipilih peserta didik sesuai dengan gaya belajarnya

(Diferensiasi Proses)
Untuk kelompok visual
Guru memberikan tautan sumber bacaan materi Tabung pada https://www.madematika.id/2022/03/bangun-ruang-sisi-lengkung-tabung.html yang berisi konsep tentang tabung. Peserta didik berdiskusi menemukan hubungan antara luas bangun datar dengan luas permukaan tabung. Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mencari sumber belajar visual yang lain, seperti buku peserta didik halaman 271-280, serta sumber lain yang relevan
Untuk kelompok audio dan visual
Guru memberi video pembelajaran pada tautan https://youtu.be/yqsJ6XPzt0g video berisi konsep tentang tabung. Peserta didik berdiskusi menemukan hubungan antara luas bangun datar dengan luas permukaan tabung. Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mencari dan mendengar video materi BRSL dari channel youtube yang lainnya.
Untuk kelompok kinestetik
Guru meminta peserta didik menyiapkan kertas warna, penggaris, pensil, penghapus, jangka dan gunting. Guru meminta murid melakukan eksperimen yaitu membuat jaring-jaring tabung. Dari jaring-jaring yang dibuat, murid berdiskusi menemukan hubungan antara luas bangun datar dengan luas permukaan tabung
• Setelah peserta didik dan kelompok menemukan rumus luas permukaan tabung, peserta didik di minta membantu “Sang Pemesan” menghitung biaya yang diperlukan untuk membeli 1000 kemasan “Raja Kentang”.
3. Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
• Dalam mengerjakan Lembar Kerja Kelompok, kelompok atau peserta didik yang mengalami kesulitan, dapat bertanya atau berkonsultasi ke guru melalui grup whatsapp kelas. (proses scaffolding)
4. Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
(Diferensiasi Produk)
• Setelah menyelesaikan Lembar Kerja Kelompok, setiap kelompok diminta menyajikan hasil belajarnya di media pilihan kelompok yaitu bisa berupa poster, power point, video, artikel atau bentuk presentasi lainnya. Setiap bentuk presentasi harus memuat laporan tentang cara pencarian, rumus luas permukaan tabung, foto proses penemuan dan solusi “Sang Pemesan”. Media presentasi dikumpulkan pada google classroom kelas.
5. Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
• Guru mengecek tugas yang sudah di kirimkan ke google classroom. • Guru memberikan umpan balik nilai dan diserahkan kembali ke peserta didik pada google classroom
Kegiatan Penutup
(20 menit)
1. Guru memberi link google meet ke peserta didik
2. Guru memberi penguatan tentang rumus permukaan tabung yang ditemukan peserta didik dalam kelompoknya
3. Guru mengulas hasil karya peserta didik dan memberi apresiasi.
4. Guru memberi penugasan berupa latihan soal-soal di buku peserta didik

D. Penilaian
1. Pengetahuan : Berupa rubrik yang menunjukkan proses penemuan rumus luas permukaan tabung dan ketepatan dalam memecahkan masalah “Sang Pemesan”.
2. Sikap : kerjasama kelompok dan ketepatan pengumpulan hasil presentasi kelompok berupa penilaian diri dan penilaian rekan sejawat
3. Keterampilan : Berupa rubrik tentang bentuk dan kreatifitas media presentasi

Demikianlah mengenai contoh RPP berdiferensiasi, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Contoh RPP Berdiferensiasi"