Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kompres PDF Menjadi 1 Mb Online Tanpa Instal Aplikasi

Portable Document Format (PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Cara Kompres PDF Menjadi 1 Mb Online Tanpa Instal Aplikasi

Format PDF berbeda dengan format doc pada Microsoft Office, dimana dokumen berformat PDF lebih fleksibel, dapat dikunci, dan cenderung lebih aman. Dokumen atau berkas berformat PDF merupakan pilihan terbaik jika ingin mengirimkan sebuah dokumen yang sudah final. Banyak orang lebih memilih menggunakan format ini karena lebih rapi dan tidak berubah saat dibuka menggunakan perangkat lainnya.

Namun kadang kala file berformat pdf memiki ukuran yang besar sehingga kita kesulitan untuk mengirimkan file tersebut. Atau untuk keperluan tertentu kita diharuskan mengirimkan file dokumen berformat pdf dengan ukuran tertentu. Sehingga file pdf harus kita kurangi ukurannya atau yang lebih dikenal dengan kompres pdf. 

Banyak cara yang dapat dilakukan jika ingin mengurangi ukuran file pdf diantaranya dengan menginstal aplikasi tambahan atau secara online. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi dan situs penyedia layanan kompres file pdf. Bahkan kompres fil pdf bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone android atau apple kita. Namun tidak semua layanan tersebut gratis. Umumnya kita dapat menggunakan layanan kompres pdf namun dibatasi dan dianjurkan untuk berlangganan atau menggunakan versi pro. 

Untuk saat ini masih ada layanan yang bisa kita manfaatkan dengan leluasa tanpa adanya batasan dalam hal kompres pdf dan itu semuanya gratis. Kita bisa kompres pdf menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Namun perlu diperhatikan kompres pdf artinya mengurangi ukuran file dan ada harga lain yang harus kita bayar yaitu kualitas file yang berkurang. 

Salah satu rekomendasi layanan gratis dalam kompres file pdf adalah dari PDF 24. PDF 24 merupakan aplikasi berbasis web dan ada pula dalam bentuk versi dekstop yang dapat digunakan dalam banyak hal yang berkaitan file pdf diantaranya konversi pdf, kompres pdf, edit pdf, merge pdf, dan masih banyak lagi

Dalam hal kompres pdf kita dapat mengurangi ukuran file pdf dengan melakukan perubahan pada DPI dan Image Quality dari file kita sendiri. Sehingga file yang dihasilkan nanti sesuai dengan kebutuhan kita. DPI sendiri merupakan singkatan dari dots per inch. Dilansir dari My Creative Shop, DPI adalah jumlah titik tinta per inci linier yang dikeluarkan oleh printer. Jadi semakin kecil DPI maka kualitas file (dalam hal tampilan) yang dihasilkan makin berkurang. Begitu juga image quality yang semakin kecil juga mengurangi kualitas file. 

Langkah-langkah mengecilkan file pdf melalui situs PDF 24 adalah

Kompres PDF24

1. Kunjungi situs PDF 24 

2. Upload file yang kita akan kompres

3. Sesuaikan DPI dan image quality yang kita inginkan (bisa dengan coba-coba hingga mendapatkan ukuran file yang kita inginkan) 

4. Klik Compress kemudian tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai

5.Kemudian unduh file yang sudah dikompres

Cobalah untuk membuka file tersebut, jika kualitas isi file tersbut bagus dan dapat terbaca serta ukurannya sudah sesuai kebutuhan maka gunakan file tersebut sesuai keperluan. Jika tidak, maka tinggal ulangi langkah-langkah di atas terutama dalam menyesuaikan DPI dan image quality sampai mendapatkan ukuran dan kualitas file yang diinginkan

 Selamat mencoba

Post a Comment for "Cara Kompres PDF Menjadi 1 Mb Online Tanpa Instal Aplikasi"