Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Kuota Telkomsel secara Online maupun Offline

Kuota internet adalah jumlah data yang dapat digunakan oleh pengguna dalam koneksi internet pada periode waktu tertentu. Kuota internet biasanya dihitung dalam satuan gigabyte (GB) atau megabyte (MB), dan dapat digunakan untuk mengakses berbagai jenis layanan online, seperti browsing web, mengirim dan menerima email, streaming video, atau melakukan unduhan. Jumlah kuota internet yang tersedia dan biaya yang terkait dengan penggunaannya dapat berbeda-beda tergantung pada penyedia layanan internet dan jenis paket yang dipilih. Pengguna biasanya harus memperhatikan penggunaan kuota internet agar tidak melebihi batas dan terkena biaya tambahan atau pembatasan akses. Mengecek kuota ini juga jadi cara kamu mengontrol pemakaian yang berlebihan.


Telkomsel merupakan salah satu provider internet di Indonesia dengan jangkauan cukup luas. Telkomsel sendiri menyediakan beberapa cara untuk mengecek kuota internetnya. Cara mengecek kuota Telkomsel cukup mudah. Ceknya pun mudah, bisa langsung dilakukan di HP melalui aplikasi My Telkomse

Berikut adalah langkah-langkahnya:

l maupun tanpa aplikasi. 

Cek Kuota Telkomsel via Kode UMB *888#

Kode UMB yang dulunya dipakai untuk mengecek pulsa Telkomsel tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek berapa sisa kuota yang kita miliki saat ini.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan *888# lalu tekan “Oke”.
  • Muncul beberapa opsi, pilih menu “Cek pulsa” di bagian nomor paling akhir.
  • Akan muncul keterangan jumlah pulsa di nomor tersebut, lalu ambil lagi pilihan ‘Cek kuota”.
  • Pilih lagi “Cek kuota”.
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan kiriman SMS yang berisi notifikasi jumlah kuota dan bonus yang masih kamu miliki. Cek melalui inbox SMS 

Cek Kuota Telkomsel via Kode UMB *363#

Selain menggunakan UMB *888# kamu juga bisa menggunakan kode lainnya yakni *363#. Kode ini biasanya juga pengguna pakai untuk membeli aneka jenis paket kuota dari Telkomsel. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan *363# di layar telepon kamu.
  • Muncul pilihan Paket Combo Sakti, pilih “Paket lainnya”.
  • Tampilan opsi paket hiburan lainnya (Best Deal 4G, paket internet malam, Instagram, Entertainment, Smartphone, Gift, Paket Darurat, dan Cek kuota). Silakan pilih “Cek kuota”.
  • Pilih lagi “Cek kuota” lalu tunggu kiriman sms pemberitahuan tentang sisa jumlah kuota yang kamu miliki. Cek inbox SMS. 

Kode cek kuota Telkomsel *888# dan *363# di atas sama-sama bisa langsung digunakan pada layar smartphone tanpa harus menggunakan aplikasi. 

Cara Cek Kuota Telkomsel via SMS

Cara selanjutnya untuk pengecekan kuota Telkomsel adalah melalui SMS. Cek kuota via SMS ini merupakan layanan gratis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Ketik “UL Info” lalu kirim SMS ke 3636
  • Tunggu balasan SMS masuk dalam hitungan waktu detik.  

Cara cek kuota Telkomsel via SMS ini bisa dicoba kalau smartphone kita sedang nggak terhubung dengan jaringan internet. Tanpa internet, kita tetap bisa dapat jawaban jumlah kuota yang ingin diketahui dengan cepat. 

Cara Cek Kuota Telkomsel via Aplikasi My Telkomsel

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi My Telkomsel.
  • Masukkan nomor telepon kamu yang terdaftar
  • Pilih menu “Cek kuota” yang ada di kolom internet, lalu muncul jumlah kuota yang kamu miliki.
Demikianlah mengenak cara cek kuota telkomsel melalui beberapa cara, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Cek Kuota Telkomsel secara Online maupun Offline"