Soal Latihan Sumatif Akhir Semester Ganjil Kelas VIII Kurikulum Merdeka
Penilaian akhir semester (PAS) atau yang sekarang disebut dengan sumatif akhir semester (SAS) merupakan salah satu bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan selama satu semester.
Bagi siswa kelas VIII SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka, SAS merupakan kesempatan untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, IPS, dan PJOK.
Untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi SAS, berikut ini kami sajikan soal latihan SAS kelas VIII Kurikulum Merdeka yang terdiri dari 45 soal pilihan ganda beserta pembahasannya.
Soal-soal latihan ini mencakup materi bilangan berpangkat, bentuk akar, bentuk baku, Teorema Pythagoras, persamaan linear satu variabel, dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Soal-soal latihan ini disusun berdasarkan kisi-kisi SAS kelas VIII Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, soal-soal ini dapat menjadi gambaran tentang materi yang akan diujikan pada SAS.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengerjakan soal latihan SAS:
Bacalah soal dengan cermat dan teliti.
Pahamilah maksud dari soal.
Pilihlah jawaban yang paling tepat.
Jika tidak yakin dengan jawaban, tinggalkan saja dan lanjutkan ke soal berikutnya.
Semoga soal latihan ini dapat membantu siswa kelas VIII SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka untuk mempersiapkan diri menghadapi SAS.
Soal 1
Hasil dari operasi $5^3 + 12^2 \times (2)^-3 - (-3)^4$ adalah ...
A. 61
B. 62
C. 63
D. 64
Pembahasan
$5^3 + 12^2 \times (2)^-3 - (-3)^4 = 125 + 144\times \frac{1}{8} - 81 = 125 + 18 - 81 = 62 $
Soal 2
Hasil dari $(-\frac{3}{5})^4$ adalah ...
A. 81/625
B. 81/125
C. 243/256
D. 243/625
Pembahasan
$(-\frac{3}{5})^4 = \frac{3^4}{5^4} =\frac{81}{625}$
Soal 3
Bentuk sederhana dari $a^{-3}b^{2}c \times (a^{2}bc)^{3}$ adalah ...
A. $a^{3}b^{3}c^{4}$
B. $a^{3}b^{3}c^{3}$
C. $a^{3}b^{5}c^{4}$
D. $a^{3}b^{2}c^{3}$
Pembahasan
$a^{-3}b^{2}c \times (a^{2}bc)^{3}= a^{-3}b^{2}c \times a^{6}b^{3}c^{3}=a^{3}b^{5}c^{4}$
Soal 4
Bentuk sederhana dari $\frac{x^{-2}yz^{5}}{x^{3}y^{4}z^{2}}$ adalah ...
A. $\frac{z^{3}}{x^{5}y^{4}}$
B. $\frac{z^{3}}{x^{5}y^{3}}$
C. $\frac{z^{2}}{x^{5}y^{4}}$
D. $\frac{z^{3}}{x^{2}y^{4}}$
Pembahasan
$\frac{x^{-2}yz^{5}}{x^{3}y^{4}z^{2}}= x^{-2-3}y^{1-4}z^{5-2}$
$=x^{-5}y^{-3}z^{3}$
$=\frac{z^{3}}{x^{5}y^{3}}$
Soal 5
Hasil dari penyederhanaan bentuk akar $\sqrt{512}$ adalah ...
A. 16$\sqrt{2}$
B. 15$\sqrt{2}$
C. 14$\sqrt{2}$
D. 12$\sqrt{2}$
Pembahasan
$\sqrt{512}=\sqrt{256\times2}=16\sqrt{2}$
Soal 6
Hasil operasi $4\sqrt{3} + 2\sqrt{48} - \sqrt{243}$ adalah ...
A. 3$\sqrt{3}$
B. 4$\sqrt{3}$
C. 5$\sqrt{3}$
D. 6$\sqrt{3}$
Pembahasan
$4\sqrt{3} + 2\sqrt{48} - \sqrt{243}= 4\sqrt{3} + 2\sqrt{16\times3} - \sqrt{81\times3}$
$= 4\sqrt{3} + 2\times 4\sqrt{\times3} - 9\sqrt{3}$
$= 4\sqrt{3} + 8\sqrt{\times3} - 9\sqrt{3}$
$= 3\sqrt{3}$
Soal 7
Hasil dari operasi $\frac{3\sqrt{12} \times 5\sqrt{3}}{9}$ adalah ...
A. 12
B. 11
C. 10
D. 8
Pembahasan
$\frac{3\sqrt{12} \times 5\sqrt{3}}{9}=\frac{15\sqrt{36}}{9}$
$=\frac{15\times6}{9}$
$=\frac{90}{9}$
$=10$
Soal 8
Diketahui sebuah segitiga memiliki panjang sisi sisi sesuai gambar di bawah!
A. $10 + 22\sqrt{5}$
B. $10 + 20\sqrt{5}$
C. $10 + 18\sqrt{5}$
D. $10 + 16\sqrt{5}$
Pembahasan
Keliling segitiga ABC $= 3\sqrt{5} + 3 + 4\sqrt{125} + 7 - \sqrt{5}$
$= 3\sqrt{5} + 3 + 4\sqrt{25\times5} + 7 - \sqrt{5}$
$= 3\sqrt{5} + 3 + 4\times5\sqrt{5} + 7 - \sqrt{5}$
$= 3\sqrt{5} + 3 + 20\sqrt{5} + 7 - \sqrt{5}$
$= 10 + 22\sqrt{5}$
Soal 9
Sebuah persegi panjang memiliki panjang $(6+ \sqrt{2})$ cm dan lebar $(6- \sqrt{2})$ cm. Luas persegi panjang tersebut adalah …cm$^2$
A. 36
B. 34
C. 32
D. 30
Pembahasan
Luas Persegi Panjang $= panjang \times lebar$
$= (6+ \sqrt{2})\times(6- \sqrt{2})$
$= 36 - 2$
$= 34$
Soal 10
Bentuk sederhana dari $\frac{5}{\sqrt{6}}$ adalah ...
A. $\frac{5}{6}\sqrt{6}$
B. $\sqrt{5}{3}\sqrt{6}$
C. $\frac{5}{36}\sqrt{6}$
D. $\frac{5}{6}$
Pembahasan
$\frac{5}{\sqrt{6}} = \frac{5}{\sqrt{6}}\times \frac{\sqrt{6}}{\sqrt{6}}$
$=\frac{5}{6}\sqrt{6}$
Soal 11
Bentuk sederhana dari $\frac{5}{3-\sqrt{3}}$ adalah ...
A. $\frac{15 - 5\sqrt{3}}{6}$
B. $\frac{15 +\sqrt{3}}{6}$
C. $\frac{15 + 5\sqrt{3}}{6}$
D. $\frac{15 - \sqrt{3}}{6}$
Pembahasan
$\frac{5}{3-\sqrt{3}}= \frac{5}{3-\sqrt{3}}\times\frac{3+\sqrt{3}}{3+\sqrt{3}}$
$=\frac{15 + 5\sqrt{3}}{9-3}$
$=\frac{15 + 5\sqrt{3}}{6}$
Soal 12
Sebuah planet memiliki diameter 1.560.000.000.000 Km. Bentuk ilmiah dari diameter planet tersebut adalah …
A. 1,56 × 10$^12$
B. 1,56 × 10$^11$
C. 1,56 × 10$^10$
D. 1,56 × 10$^9$
Pembahasan
1.560.000.000.000 = 1,56 × 10$^12$
Soal 13
Sebuah mikroba memiliki ukuran panjang 0,000000000756 cm. Bentuk baku dari ukuran mikroba tersebut adalah …
A. 7,56 × 10$^{-10}$
B. 7,56 × 10$^{-11}$
C. 7,56 × 10$^{-12}$
D. 7,56 × 10$^{-13}$
Pembahasan
0,000000000756 = 7,56 × 10$^{-10}$
Soal 14
Satya ingin mengubah bentuk 3,03 x 10$^12$, kedalam bentuk biasa. Penulisan yang benar adalah …
A. 303.000.000.000
B. 3.030.000.000.000
C. 30.300.000.000.000
D. 303.000.000.000.000
Pembahasan
3,03 x 10$^12$ = 3.030.000.000.000
Soal 15
Perhatikan konversi bentuk baku berikut
I. 237.000.000 = 2,37 x 10$^8$
II. 0,000000341 = 3,41 x 10$^{-7}$
III. 1.777.000.000.000 = 1,777 x 10$^10$
IV. 0,00000000895 = 8,95 x 10$^{-8}$
Konversi kedalam bentuk baku yang benar ditunjukkan oleh nomor …
A. I dan III
B. II dan IV
C. I dan IV
D. I dan II
Pembahasan
I dan II
Soal 16
Perhatikan gambar di bawah ini!
A. $x^2 = y^2 + z^2$
B. $y^2 = x^2 -z^2$
C. $z^2 = x^2 + y^2$
D. $y^2 = x^2 + z^2$
Pembahasan
$z^2 = x^2 + y^2$
Soal 17
Pernyataan yang benar mengenai Pythagoras adalah …
A. kuadrat panjang sisi miring (hipotenusa) pada segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi lainnya
B. kuadrat panjang sisi miring (hipotenusa) pada segitiga siku-siku sama dengan jumlah akar panjang sisi-sisi lainnya
C. kuadrat panjang sisi miring (hipotenusa) pada segitiga siku-siku sama dengan selisih kuadrat panjang sisi-sisi lainnya
D. kuadrat panjang sisi miring (hipotenusa) pada segitiga siku-siku sama dengan selisih akar panjang sisi-sisi lainnya
Pembahasan
kuadrat panjang sisi miring (hipotenusa) pada segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi lainnya
Soal 18
Diketahui segitiga PQR siku-siku di Q, jika panjang PQ = 40 cm dan PR = 41 cm. Panjang QR adalah …
A. 7 cm
B. 8 cm
C. 9 cm
D. 10 cm
Pembahasan
$QR = \sqrt{PR^2 - PQ^2}$
$QR =\sqrt{41^2 - 40^2}$
$QR = \sqrt{1681 - 1600}$
$QR = \sqrt{81}$
$QR = 9$ cm
Soal 19
Sebuah kapal berangkat dari Pelabuhan A dari utara ke selatan sejauh 12 km dan tiba di pelabuhan B, kemudian ke timur sejauh 8 km tiba di pelabuhan C dan pada akhirnya ke utara sejauh 18 km tiba di pelabuhan D. Jarak pelabuhan A ke pelabuhan D adalah …
A. 38 km
B. 20 km
C. 16 km
D. 10 km
Pembahasan
$AD = \sqrt{8^2 + 6^2}$
$AD = \sqrt{64 + 36}$
$AD = \sqrt{64 + 36}$
$AD = \sqrt{100}$
$AD = 10$ km
Soal 20
Perhatikan sisi-sisi segitiga berikut!
i. 10, 8, 7
ii. 25, 24, 10
iii. 20, 16, 12
iv. 13, 12, 5
Dari data di atas, yang merupakan triple Pythagoras adalah …
A. i dan ii
B. ii dan iii
C. i dan iv
D. iii dan iv
Pembahasan
i. $10^2 ... 8^2+ 7^2$
$100 ... 64 + 49$
$100 < 113$ bukan tripel pythagoras
ii. $25^2 ... 24^2 + 10^2$
$625 ... 576 + 100$
$625 < 676$ bukan tripel pythagoras
iii. $20^2 ... 16^2 + 12^2$
$400 ... 256 + 144$
$ 400 = 400$ tripel pythagoras
iv. $13^2 ... 12^2 + 5^2$
$169 ... 144 + 25$
$169 = 169$ tripel pythagoras
Jadi, yang merupakan tripel pythagoras adalah iii dan iv
Soal 21
Diketahui triple tiga buah angka 5x, 36, dan 39. Nilai x yang tepat Agar ketiga angka tersebut membentuk triple Pythagoras adalah …
A.2
B. 3
C. 4
D. 5
Pembahasan
$39^2 = (5x)^2 + 36^2$
$1521 = 25x^2 + 1296$
$1521 - 1296 = 25x^2$
$225 = 25x^2$
$\frac{225}{25} = x^2$
$25 = x^2$
$x = 5$
Soal 22
Diketahui panjang sisi-sisi segitiga KLM adalah 5 cm, 12 cm, dan 14 cm. Berdasarkan panjang sisi-sisinya, segitiga KLM termasuk segitiga …
A. Lancip
B. Siku-siku
C. Tumpul
D. Sama kaki
Pembahasan
$14^2 ... 5^2 + 12^2$
$196 ... 25 + 144$
$196 > 169$ (segitiga tumpul)
Soal 23
Perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku sama kaki adalah . . .
A. $1 : 1 : 2$
B. $1 : 1: \sqrt{2}$
C. $1 : 2 : 3$
D. $1 : 2 : \sqrt{3}$
Pembahasan
B. $1 : 1: \sqrt{2}$
Soal 24
Perhatikan gambar berikut!
A. 15√3 cm dan 15 cm
B. 15√2 cm dan 10 cm
C. 15√2 cm dan 15 cm
D. 10√3 cm dan 10 cm
Pembahasan
$x = \frac{\sqrt{3}}{2} \times 30 = 15\sqrt{3}$ cm
$y = \frac{1}{2} \times 30 = 15 $ cm
Soal 25
Diketahui segitiga ABC siku-siku di B jika panjang AB = 7 cm dan besar sudut A = 45$^o$, panjang AC adalah …
A. 7√3 cm
B. 7√2 cm
C. 7 cm
D. √7 cm
Pembahasan
Perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku dengan salah satu sudutnya 45$^o$ adalah $1 : 1: \sqrt{2}$
$AC = \frac{\sqrt{2}}{1} \times 7 = 7\sqrt{2}$
Soal 26
Panjang AD pada gambar bangun di bawah adalah ...
A. 13 cm
B. 17 cm
C. 23 cm
D. 27 cm
Pembahasan
$AC = \sqrt{12^2 + 9^2}$
$AC = \sqrt{144 + 81}$
$AC = \sqrt{225}$
$AC = 15$ cm
$AD = \sqrt{15^2 + 8^2}$
$AD = \sqrt{225 + 64}$
$AD = \sqrt{289}$
$AD = 17$ cm
Soal 27
Perhatikan gambar bangun di bawah, Bangun PQRST terdiri atas persegi panjang dan segitiga siku-siku. Keliling bangun tersebut adalah ...
A. 112 cm
B. 114 cm
C. 116 cm
D. 118 cm
Pembahasan
Perhatikan jika TRS membentuk segitiga siku siku, dimana S merupakan sudut siku-sikunya
$TS = \sqrt{30^2 - 18^2}$
$TS = \sqrt{900 - 324}$
$TS =\sqrt {576}$
$TS = 24$ cm
Keliling PQRST = 30 + 20 + 18 + 24 + 20 = 112 cm
Soal 28
Dua buah tiang berdampingan berjarak 12 m. Jika tinggi tiang masing-masing adalah 22 m dan 13 m. Panjang kawat penghubung antara ujung kedua tiang tersebut adalah ...
A. 15 m
B. 16 m
C. 17 m
D. 18 m
Pembahasan
Panjang kawat $=\sqrt{144 + 81}$
Panjang kawat $=\sqrt{225}$
Panjang kawat $= 15$ m
Soal 29
Sebuah tangga bersandar pada tembok. Jarak antara kaki tangga dan tembok 6 meter dan jarak antara tanah dan ujung atas tangga 8 meter. Panjang tangga tersebut adalah …
A. 14 m
B. 12 m
C. 11 m
D. 10 m
Pembahasan
Panjang tangga $=\sqrt{8^2 + 6^2$
Panjang tangga $=\sqrt{64 + 36$
Panjang tangga $=\sqrt{100}$
Panjang tangga $= 10$ m
Soal 30
Diketahui CD = 8 cm dan AD = 17 cm. Panjang AB adalah …
A. 6 cm
B. 7 cm
C. 8 cm
D. 9 cm
Pembahasan
$AC = \sqrt{17^2 - 8^2}$
$AC = \sqrt{289 - 64}$
$AC = \sqrt{225}$
$AC = 15$ m
AB = AC - BC
AB = 15 - 8
AB = 7 m
Soal 31
Perhatikan gambar berikut!
Jarak antara titik B dan C adalah...
A. 7 satuan panjang
B. 10 satuan panjang
C. 13 satuan panjang
D. 15 satuan panjang
B (13, 9) dan C(4, -3)
Jarak BC $=\sqrt{(13 - 4)^2 + (9 - (-3))^2}$
Jarak BC $=\sqrt{9^2 + 12^2}$
Jarak BC $=\sqrt{81 + 144}$
Jarak BC $=\sqrt{225}$
Jarak BC $=15$ satuan panjang
Soal 32
Manakah dari kalimat berikut merupakan kalimat yang bernilai benar?
A. 1 adalah bilangan prima yang terkecil
B. 2023 tidak habis dibagi 7
C. Jumlah hari pada bulan Februari 30
D. 20% dari 16 adalah 3,2
Pembahasan
D. 20% dari 16 adalah 3,2
Soal 33
Berikut ini, yang merupakan kalimat terbuka adalah ...
A. Jumlah sisi uang logam ada 2
B. Kota A adalah salah satu provinsi di Indonesia
C. 7 ditambah 3 hasilnya bilangan genap
D. 2 bukan merupakan bilangan genap
Pembahasan
B. Kota A adalah salah satu provinsi di Indonesia
Soal 34
Berikut ini yang merupakan persamaan linear satu variabel adalah ...
A. 3a – b = 5
B. 5r + 1 = 6
C. 5 + 4 > 6
D. x$^2$ – 9x + 9 = 0
Pembahasan
B. 5r + 1 = 6
Soal 35
Kelereng yang dimiliki Adi dikurang kelerang Deo adalah 5. Jika jumlah kelereng Deo 24 dan x melambangkan kelereng Adi, maka model matematika yang tepat menggambarkan permasalahan di atas adalah ...
A. x – 24 = 5
B. x + 24 = 5
C. x = 24 – 5
D. x = 5 - 24
Pembahasan
A. x – 24 = 5
Soal 36
Nilai x dari persamaan 4x – 24 = 4 adalah ...
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
Pembahasan
4x - 24 = 4
4x = 24 + 4
4x = 28
x = 7
Soal 37
Nilai y dari persamaan 3y + 2 = -2y + 27 adalah ...
A. 5
B. 6
C. 8
D. 18
Pembahasan
3y + 2 = -2y + 27
3y + 2y = 27 - 2
5y = 25
y = 5
Soal 38
Perhatikan bentuk-bentuk berikut!
1) x + 3 ≥ 6
2) 2 + p < 2p
3) 1 – 5 < 2
4) 8 + 3 < 6
Yang merupakan pertidaksamaan linear satu variabel adalah ...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Pembahasan
A. (1) dan (2)
Soal 39
Keliling suatu segitiga tidak lebih dari 43 cm. Jika panjang sisi-sisinya x cm, 12 cm, dan 13 cm, model matematika yang tepat untuk menyatakan permasalahan di atas adalah ...
A. x + 25 < 43
B. x + 25 > 43
C. x + 25 ≤ 43
D. x + 25 ≥ 43
Pembahasan
x + 12 + 13 < 43
x + 25 < 43
Soal 40
Perhatikan gambar berikut!
Pertidaksamaan yang tepat yang menggambarkan garis bilangan adalah ...
A. x > -1/2
B. x < -1/2
C. x ≥ -1/2
D. x ≤ -1/2
Pembahasan
A. x > -1/2
Soal 41
Penyelesaian dari -3x - 9 < -6 adalah ...
A. x > 1
B. x < 1
C. x > -1
D. x < -1
Pembahasan
-3x - 9 < -6
-3x < -6 + 9
-3x < 3
x > -1
Soal 42
Penyelesaian dari 3x – 5 ≥ 4x + 4 adalah ...
A. x ≤ 9
B. x ≥ 9
C. x ≤ -9
D. x ≥ -9
Pembahasan
3x – 5 ≥ 4x + 4
3x - 4x ≥ 4 + 5
-x ≥ 9
x ≤ -9
Soal 43
Jika p adalah penyelesaian dari 5p - 3 = 22, maka nilai dari 2p + 5 adalah …
A. 15
B. 20
C. 25
D. 30
5p - 3 = 22
5p = 22 + 3
5p = 22 + 3
5p = 25
p = 5
2p + 5 = 2(5) + 5 = 10 + 5 = 15
Soal 44
Diketahui persegi panjang dengan panjang dan lebar berturut-turut (3x + 5) cm dan (2x – 3) cm. Jika keliling persegi panjang paling sedikit 44 cm. Kisaran nilai x adalah …
A. x > 4
B. x < 4
C. x ≤ 4
D. x ≥ 4
Pembahasan
2(p + l) ≥ 44
2((3x + 5) + (2x - 3)) ≥ 44
3x + 5 + 2x - 3 ≥ 22
5x + 2 ≥ 22
5x ≥ 20
x ≥ 4
Soal 45
Diketahui alas dan tinggi jajar genjang berturut-turut panjang (3x + 7) cm dan lebar 5 cm. Jika luas dari jajar genjang kurang dari 80 cm$^2$. Kisaran nilai x adalah ...
A. x < 3
B. x > 3
C. x ≥ 3
D. x ≤ 3
Pembahasan
alas x tingi < 80
(3x + 7) x 5 < 80
3x + 7 < 16
3x < 9
x < 3
Soal latihan SAS kelas VIII Kurikulum Merdeka ini dapat dijadikan sebagai bahan latihan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester. Dengan mengerjakan soal-soal latihan ini, siswa dapat mengetahui materi apa saja yang masih perlu dipelajari dengan lebih mendalam.
Selain itu, soal latihan ini juga dapat membantu siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi SAS. Dengan mengerjakan soal-soal latihan ini, siswa akan lebih terbiasa dengan format soal SAS dan dapat mengerjakan soal dengan lebih cepat dan tepat.
Semoga soal latihan SAS kelas VIII Kurikulum Merdeka ini dapat bermanfaat bagi siswa kelas VIII SMP yang akan menghadapi SAS.
Post a Comment for "Soal Latihan Sumatif Akhir Semester Ganjil Kelas VIII Kurikulum Merdeka"
Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan